List Drama Saeguk yang Wajib Kalian Tonton, Sudah ada yang Nonton?

Menonton drama sejarah atau sageuk Korea punya sensasi tersendiri. Di drama kolosal, kisah-kisah seru tentang raja, ratu, pangeran, putri, jenderal, bangsawan, ksatria, sarjana, atau kasim dengan kostum-kostum tradisional (hanbok) sangat menarik untuk diikuti. Dengan penggarapan setting tempat yang baik serta teknik sinematografi yang brilian, drama sageuk akan membawa kita merasakan seperti apa hidup di zaman kerajaan. Perasaan semacam itu makin menguat berkat akting sempurna dari para aktor dan aktris berbakat di drama sageuk.
Drama Sageuk

Nah, apa saja sih drama kolosal terbaik yang wajib kalian tonton? Ini uraiannya.

15. Faith
Faith
Dikenal juga dengan judul The Great Doctor, drama kolosal yang sangat populer ini merupakan percampuran dari genre fantasi, sejarah, dan medis. Faith menampilkan kisah tentang Yoo Eun-soo (Kim Hee-sun), seorang dokter bedah plastik berusia 33 tahun yang hidup di tahun 2012 dan perjalanannya ke masa lampau. Ia berkelana ke zaman Goryeo 700 tahun yang lalu setelah Jenderal Choi Young (Lee Min-ho), pimpinan pasukan pelindung istana, membawanya dari masa depan. Di masa lalu itulah Eun-soo merasakan jatuh cinta pada jenderal muda yang tampan itu.

14. The Princess’ Man
The Princess' Man
Romeo Juliet versi drama sageuk Korea ini adalah kisah tentang cinta terlarang antara Putri Raja Sejo, Lee Se-ryung (Moon Chae-won), dengan putra Kim Jong-seo, musuh politik Sejo, yaitu Kim Seung-yoo (Park Si-hoo). Meski kedua keluarga mereka saling membenci, Se-ryung dan Seung-yoo justru saling jatuh cinta. Namun mereka mendapat banyak sekali rintangan di sepanjang jalan hingga nyawa Seung-yoo terancam. Apakah mereka akan berakhir seperti Romeo dan Juliet? The Princess’ Man wajib ditonton karena menampilkan chemistry besar atara Chae-won dan Shi-hoo.

13. Dong Yi
Dong Yi
Drama ini mengisahkan Dong Yi (kemudian dikenal sebagai Choi Suk-bin) serta Raja Sukjong. Didasarkan pada kisah nyata, Dong Yi (Han Hyo-joo) bekerja sebagai pelayan biasa di istana. Namun kepribadiannya yang hangat, ketulusan, serta kecerdasannya membuat ia mampu menyelesaikan berbagai masalah di pengadilan. Ketika Dong Yi sedang menyelidiki sebuah kasus, ia bertemu sang raja yang memperkenalkan dirinya sebagai hakim pengadilan. Sang raja yang terpikat dengannya lantas menjadikan Dong Yi sebagai selir istana dengan pangkat Suk-bin.

12. Arang and the Magistrate
Arang and the Magistrate
Arang and the Magistrate adalah perpaduan dari thriller, roman, komedi, serta horor dalam balutan drama kolosal. Diangkat dari kisah rakyat tentang Arang, Arang (Shin Min-ah) adalah arwah penasaran yang berkelana di bumi demi mengetahui penyebab kematiannya. Ia kehilangan ingatannya dan tak bisa beristirahat dengan tenang sampai ia tahu bagaimana ia tewas. Suatu ketika ia bertemu seorang sarjana tampan di kota, Kim Eun-oh (Lee Joon-gi), yang ternyata mampu berkomunikasi dengan makhluk halus. Arang pun memohon bantuan padanya.

11. Deep Rooted Tree
Deep Rooted Tree
Diangkat dari novel yang juga berjudul Deep Rooted Tree karya Lee Jung-myung, serial sageuk ini mengisahkan seorang penjaga istana bernama Ddol-bok yang menginvestigasi sebuah kasus yang melibatkan pembunuhan berantai terhadap para sarjana Jiphyeonjeon di istana Gyeongbok pada saat Raja Sejong sedang menciptakan bahasa tulis Korea. Yang menarik, Ddol-bok adalah mantan budak yang memiliki dendam para raja karena menewaskan semua orang tercintanya dan ia pun bersumpah untuk membunuhnya. Ddol-bok berlatih menjadi ksatria dan masuk istana.

10. Gu Family Book
Gu Family Book
Kisah yang seru sekaligus menyentuh bisa disaksikan di drama Gu Family Book. Ini adalah kisah Kang Chi (Lee Seung-gi), seorang pemuda yang memiliki darah gumiho (makhluk mitos Korea). Karena latar belakangnya itu, Kang Chi mendapat berbagai diskriminasi dari lingkungannya. Suatu ketika ia bertemu putri seorang legenda pedang, Dam Yeo-wool (Suzy), yang juga seorang ahli pedang. Hubungan Kang Chi dengan Yeo-wool semakin dekat, meski di satu sisi Kang Chi juga menghadapi berbagai masalah, terutama karena ayah gumihonya telah bangkit lagi.

9. Sungkyunkwan Scandal
Sungkyunkwan Scandal
Jika kalian ingin menonton flower boy F4 yang berlatar belakang di masa lalu, maka Sungkyunkwan Scandal adalah jawabnya. Roman komedi ini didasarkan pada novel laris tahun 2007, The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars. Ini adalah cerita tentang seorang gadis bernama Kim Yoon-hee (Park Min-young) yang menyamar menjadi laki-laki agar bisa masuk universitas khusus laki-laki, Sungkyunkwan. Di sana, ia dikelilingi tiga pria tampan. Yoon-hee harus menjaga kedoknya baik-baik, termasuk menekan perasaannya pada salah satu dari tiga pria itu.

8. Iljimae
Iljimae
Adegan-adegan action yang intens bisa dirasakan di drama Iljimae. Berlatar di zaman Joseon, drama ini secara longgar didasarkan pada komik Iljimae yang dipublikasikan antara tahun 1975 sampai 1977 oleh Ko Woo-young. Karakter utamanya adalah Lee Gyeom (Lee Joon-gi), yang juga dikenal dengan nama Ryung atau Iljimae. Di siang hari, ia hanyalah bandit pemalas yang tak berguna. Tapi di malam hari ia menjelma menjadi pencuri misterius yang melindungi warga kota. Di tengah aksinya, ia bertemu seorang gadis, Eun-chae (Han Hyo-joo), dan jatuh cinta padanya.

7. Empress Ki
Empress Ki
Ini adalah kisah tentang Gi Seungnyang (Ha Ji-won), seorang wanita kelahiran Goryeo yang mampu meraih kekuasaan meski sistem sosial di zaman itu tidak memungkinkan wanita berkuasa. Ia lalu menikah dengan Toghon Temür (Kaisar Mongol) untuk menjadi kaisar dinasti Yuan. Meski plot drama ini tidak terlalu sejalan dengan fakta sejarah, fokus drama ini terletak pada kisah cinta kaisar pada Ki dan bagaimana Ki bisa menjadi seorang kaisar. Atas akting istimewanya di drama ini, Ha Ji-won berhasil membawa pulang penghargaan Daesang dari MBC.

6. Yi San
Yi San
Dikenal pula dengan judul Lee San, Wind of the Palace, ini adalah dramatisasi dari kehidupan raja Korea, Jeongjo, penguasa ke-22 dari Dinasti Joseon. Raja Jeongjo (Lee Seo-jin) dikenang sejarah karena kebaikan dan simpatinya pada penderitaan rakyat jelata. Jeongjo memiliki masa lalu kelam ketika ia menyaksikan ayahnya, Putra Mahkota Sado, dikurung di peti padi tanpa makanan dan minuman oleh raja Yeongjo (kakek Jeongjo), karena raja khawatir Sado akan melakukan pemberontakan. Cerita baru pun dimulai ketika Jeongjo sudah menjadi putra mahkota.

5. The Moon That Embraces the Sun
The Moon That Embraces the Sun
Drama kolosal fantasi ini diangkat dari novel berjudul sama karya Jung Eun-gwol. Drama ini mengisahkan cerita cinta terlarang antara seorang raja Joseon, Raja Lee Hwon (Kim Soo-hyun), dengan seorang dukun perempuan bernama Heo Yeon-woo (Han Ga-in) di tengah kehidupan tradisional zaman kerajaan. Konflik dan konspirasi politik juga digambarkan dengan baik di drama ini. Sebagai drama terbaik 2012, The Moon That Embraces the Sun menampilkan sinematografi yang sangat bagus serta cerita intens yang dibawakan secara sempurna oleh para aktornya.

4. Queen Seon Deok
Queen Seon Deok
Cerita yang seru berpadu dengan akting luar biasa. Queen Seon Deok bercerita tentang sejarah Ratu Seon Deok dari kerajaan Silla. Ia terlahir sebagai Deokman (Lee Yo-won) bersama saudari kembarnya, namun ia diasingkan sejak bayi. Ketika dewasa, Deokman dibawa kembali ke istana dan bergabung dengan saudari kembarnya, Putri Cheonmyeong (Park Ye-jin), untuk melawan kekuatan Mishil (Go Hyun-jung) yang punya rencana jahat. Usaha Deokman untuk melawan para musuh politiknya yang penuh intrik menjadikannya sebagai penguasa wanita pertama di Silla.

3. Bridal Mask
Bridal Mask
Zorro versi Korea ini adalah drama laga kolosal yang didasarkan pada manhwa terkenal karya Huh Young-man. Berlatar belakang di Seoul pada masa penjajahan Jepang di tahun 1930-an, ini adalah cerita tentang Lee Kang-to (Joo Won), polisi top yang berkongkalikong dengan pihak Jepang untuk menangkap Gaksital, seorang pejuang kemerdekaan misterius yang selalu mengenakan topeng pernikahan Korea saat beraksi. Namun Kang-to akhirnya mengetahui bahwa Gaksital adalah kakaknya sendiri, dan hati kecilnya pun berkata bahwa ia harus meneruskan perjuangannya.

2. Jumong
Jumong
Drama populer ini mengisahkan kehidupan Jumong, pendiri kerajaan Goguryeo. Sejumlah fakta sejarah tentang Jumong diadaptasi, meski sebagian besar cerita dalam drama ini adalah fiktif. Berbagai elemen fantastik tentang legenda Jumong (seperti seputar kelahirannya) digantikan dengan cerita yang lebih masuk akal. Jumong bisa dibilang adalah drama legendaris yang menyorot akting sang aktor utama, Song Il-gook. Laga, thriller, dan roman berpadu menjadi satu dan seimbang. Tak heran Jumong selalu masuk dalam daftar drama kolosal Korea terbaik.

1. Jewel in the Palace
Jewel in the Palace
Jewel in the Palace adalah sageuk legendaris yang mengisahkan kehidupan seorang juru masak yatim yang pada akhirnya mampu menjadi tabib wanita pertama untuk sang raja. Di zaman yang tak mengenal emansipasi wanita, Jang-geum (Lee Young-ae) mempelajari rahasia masakan dan pengobatan Korea untuk menyembuhkan sang raja dari sakit parah. Ini adalah kisah nyata dari Jang-geum, tabib wanita pertama di zaman Joseon. Berbagai elemen budaya Korea digambarkan dengan baik di drama ini, dan Jewel in the Palace sukses menjadi drama terlaris Korea sepanjang masa.

Sumber:
https://www.sosmedmu.com/15-drama-sageuk-kolosal-korea-terbaik-sepanjang-masa/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

40 Makanan sehat untuk diet

Contoh Sikap Toleransi Dan Empati Sosial Terhadap Keberagaman Budaya